Minggu, 03 Februari 2008

Boro Imbangi Newcastle

[Minggu, 03 Februari 2008 22:27, BIANGBOLA]


Pelatih Kevin Keegan belum mampu meraih kemenangan kandang pertama sejak kembali ke St. James Park setelah Newcastle United ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Middlesbrough, Minggu (3/2).

Hasil imbang ini membuat Newcastle tetap terpaku di posisi ke-12 dengan 28 poin dan hanya unggul dua angka di atas Middlesbrough yang menguntit dibawahnya.

Bermain di kandang sendiri, ini adalah laga kelima bagi Keegan sejak kembali menempati kursi kepelatihan menggantikan Sam Allardyce di pertengahan Januari lalu.

Mantan pelatih Timnas Inggris itu mencari kemenangan kandang pertamanya sejak kembali menangani The Magpies dan dapat menurunkan Joey Barton setelah gelandang Inggris itu mendapat jaminan dari pengadilan atas kasus penyerangan di muka umum.

Gelandang Turki Emre Belozoglu juga dapat tampil kembali usai menyelesaikan hukuman tiga pertandingan.

Sementara Middlesbrough, tidak diperkuat oleh tiga penyerang sehingga hanya memainkan Jeremie Aliadiere di lini depan. Tuncay Sanli dan Ahmed Mido Hossam tidak dapat bermain karena mengalami cedera, sedangkan Afonso Alves, pemain yang baru saja didatangkan dari Heerenveen, masih menunggu izin kerja.

Dan serangan Newcastle di awal-awal babak pertama cukup mengejutkan tamunya. Bahkan tuan rumah sebenarnya mampu membuka keunggulan saat Michael Owen menyambar bola liar hasil kemelut di mulut gawang Middlesbrough. Namun sayang gol tersebut dianulir wasit karena Owen dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kiper Mark Schwarzer.

Tim tamu mencoba membalas serangan yang dilancarkan tuan rumah dengan melakukan counter attack. Hasilnya cukup menjanjikan setelah beberapa kali serangan mereka melalui sayap cukup merepotkan.

Tendangan Aliadiere sempat mengancam gawang Newcastle meski tendangannya masih lemah sehingga dengan mudah jatuh di pelukan penjaga gawang Shay Given.

Pertandingan babak kedua berjalan lebih menarik dimana kedua tim melancarkan permainan terbuka. Boro mendapatkan peluang pertama di 45 menit kedua saat tendangan Aliadiere mampu diblok oleh Steven Taylor.

Tuan rumah akhirnya mampu memecahkan kebuntuan setelah Owen melesakkan bola melalui sundulan menyambut umpan tendangan bebas Emre di menit ke-60.

Damien Duff sebenarnya mampu menggandakan skor jika saja golnya tidak dianulir wasit setelah gelandang Republik Irlandia tersebut lebih dulu terperangkap offside.

Tertinggal satu gol membuat Middlesbrough meningkatkan tempo permainan dan terus menekan lini pertahanan tuan rumah.

Tim tamu nyaris menyamakan kedudukan jika saja Fabio Rochemback lebih cepat di dalam menyambar bola muntah hasil tendangan Gary O'Neil yang digagalkan Given.

Kemenangan Newcastle yang sudah di depan mata mendadak sirna setelah di menit ke-86 Middlesbrough mampu menyamakan kedudukan saat sundulan Robert Huth tidak dapat dijangkau Given dan menembus gawang tuan rumah.

Bahkan Boro mampu melesakkan gol kedua mereka yang sayangnya dianulir wasit setelah Aliadiere berada dalam posisi offside sehingga kedudukan akhir tetap imbang.

Tidak ada komentar: